Adam'z racing team.com– Magelang. Semua team balap pasti punya tips and trik untuk mendapatkan settingan yang cocok, seperti yang dilakukan oleh Team A4 Botol Terbang dari Magelang. Motor Kawasaki Ninja yang bermain di Kelas Ninja Rangka Standart ini menunjukkan prestasi bagus di kelasnya, catatan waktunya sangat konsisten di angka 7,5 detik di lintasan 201 meter. “Bermain di kelas standart diperlukan perhitungan yang akurat, karena untuk menciptakan motor standart dengan waktu yang cepat butuh perhitungan yang presisi, ungkap Rizki yang merupakan manager Team A4 Botol Terbang.
Bermain di Kelas Standart tentu motor yang dipakai pasti standart,
tinggal mensetting komponen standart itu presesi dan motor dapat lari
kencang. Bagian mesin yang jadi fokus adalah bagian membran, membran
yang dipakai masih tetap mengandalkan standart Ninja, bahkan ada dua
membran standart yang dipasangkan. Dimana kedua membran tersebut
digabung untuk mendapatkan buluh yang lebih kuat tapi tetap fleksibel,
nah untuk membran kedua dilakukan pemotongan dengan hanya menyisakan
dudukan pada baut.
Langkah selanjutnya untuk mendapatkan pemampatan yang lebih besar pada
ruang bakar ,kelapa silinder dipapas meskipun tidak ekstrim. “Pemapasan
kepala silinder sebesar 0,8mm sehingga mendapatkan perbandingan kompresi
sebesar 7,8:1, sedang untuk kompresi bawah juga dinaikkan dengan
aplikasi kruk as dari Kawasaki ZX, dengan aplikasi kruk as dari motor
tersebut kompresi bawah bisa lebih dipadatkan karena kruk as tersebut
mempunyai dimensi yang lebih besar,”terang Agung sang mekanik.
Sedang untuk kelancaran sirkulasi bahan bakar maupun gas sisa pembakaran, lubang exhaust
mendapatkan perhatian khusus. Dimana lubang tersebut dibenahi dengan
melakukan ubahan tinggi dinaikkan 5mm, sedangkan lebarnya ditambah 2mm
samping kanan dan kiri. “Karburator sebagai pensuplay bahan bakar jelas
mendapatkan sentuhan, karburator tampak luar standart tetapi boleh
melakukakn ubahan di dalam, untuk urusan pengabut bahan bakar memilih
melakukan reamer sebesar 30 dengan ubahan tersebut laju bahan bakar menjadi lebih lancar,”tutup Agung sang mekanik.
Penulis: dam'z│Foto : dam'z
Data Modifikasi
Team : A4 Botol Terbang Magelang
Pelek depan : Exel 120
Pelek belakang : Exel 160
Ban belakang : Mizzle
Ban depan : Eat My Dast
Knalpot : KDX
CDI : Suzuki RC
Team : A4 Botol Terbang Magelang
Pelek depan : Exel 120
Pelek belakang : Exel 160
Ban belakang : Mizzle
Ban depan : Eat My Dast
Knalpot : KDX
CDI : Suzuki RC
Tidak ada komentar:
Posting Komentar